Jumat, 05 Maret 2021

Pusat Baru Desain Grafis

 Dunia sudah sangat dekat dengan resesi terburuknya abad ini, tetapi berkat ekonomi Asia yang sebagian besar bersemangat dan kuat, nasib itu nyaris terhindarkan. Betapa berubahnya dari satu dekade lalu ketika IMF harus menyelamatkan beberapa harimau Asia dan China serta India masih menjadi negara berkembang pada saat itu. Tetapi tidak seperti sebelumnya, pemerintah Asia bertindak bersama dan bergerak sebagai satu wilayah yang bertanggung jawab. Sebelum riak krisis mencapai pantai kita, pemerintah dari China hingga Kehidupan Desainer Grafis Singapura mengeluarkan paket stimulus yang berani. Kelas menengah kaya yang baru dicetak dari Mumbai ke Shanghai juga memicu beberapa permintaan yang tumbuh paling cepat untuk barang-barang mewah kelas atas. Tidak heran IMF sekarang diminta untuk mengakui kenyataan ini dengan memasukkan China dan India ke dalam dewannya. Angin perubahan juga melanda klub elit G8. Presiden Hu ' Kepergian mendadak dari pertemuan puncak baru-baru ini di Italia hampir melumpuhkannya. Kami sekarang akhirnya menyaksikan apa yang telah diprediksi orang lain, awal Abad Asia. Tetapi sementara kekuatan ekonomi atau kekuatan keras telah dengan jelas bergeser ke timur, kekuatan lunak yang mencakup ide, budaya dan desain tetap tertanam kuat di Barat. Meskipun benar bahwa orang Asia semakin kaya, mereka terus membeli konsep dan cara hidup Barat. Merek Barat dari hampir semua kategori kecuali kelas bawah atau berbasis nilai terus disukai oleh Outsourcing Desain Grafis orang Asia. Dan konsumen kami tidak dapat disalahkan karena meskipun wilayah kami telah menjadi yang terdepan dalam hal daya beli, daya tarik kami tetap belum tersentuh. Desain grafis yang merupakan representasi visual yang kuat dari kehadiran soft power masih sangat diremehkan di belahan dunia ini.


Untuk waktu yang lama, peningkatan ekonomi Asia sebagian besar dikaitkan dengan mendukung model ekonomi Barat dan konsumsi Barat. Oleh karena itu, desain grafis sebagai industri tidak dianggap sebagai prioritas utama di banyak negara Asia karena banyak merek besar masih mengkonseptualisasikan arah grafis mereka di AS atau Eropa. Kecuali Jepang, Korea dan mungkin Hongkong, desain grafis masih dipandang sebagai komoditas dan bukan dari segi nilai tambah. Karena pola pikir ini, banyak desainer mengambil pekerjaan non-kreatif untuk meletakkan makanan di atas meja. Karena desain grafis hampir merupakan disiplin penghalang masuk-rendah, banyak desainer memulai studio desain grafis mereka sendiri. Tetapi ketika persaingan meningkat, mengingat kelangkaan pekerjaan yang baik, banyak desainer menggunakan harga yang lebih rendah dan penawaran bebas.

jasa desain kemasan

Jika pola pikir ini terus berlanjut, bahkan jika Asia harus maju, itu tidak akan dilayani oleh industri kreatif yang cukup percaya diri untuk melakukan pekerjaan yang mencerminkan identitas Asia yang dinamis. Dan mengingat fakta bahwa hanya sedikit klien yang menghargai tujuan dari pekerjaan yang bermakna dan bagus, banyak perusahaan desain percaya bahwa ini hampir utopis. Jadi sebagai sebuah industri, kami menghasilkan generasi desainer grafis yang masih terkondisi oleh standar Barat dan dibatasi oleh sumber daya untuk menghasilkan karya yang terinspirasi dari Asia.


Dalam waktu 10 sampai 15 tahun lagi, kita akan memiliki massa kritis yang kaya dan besar dari kelas menengah yang makmur. Dunia juga semakin mencari ide ke Asia. Pembukaan Olimpiade yang mempesona di Beijing tahun lalu dan pesona Slumdog Millionaire menunjukkan bahwa ada pasar yang layak untuk kreativitas Asia. Tetapi untuk mengisi kekosongan ini, kami membutuhkan konten, bintang kreatif untuk mempengaruhi pasar dan melihat nilai desain grafis Asia.


Jadi kami membutuhkan kerja keras untuk menunjukkan ini dan inilah mengapa saya memuji upaya tim yang menyusun buku ini. Banyak karya yang ditampilkan dalam Desain Asia Pasifik ini menunjukkan apa yang dapat diharapkan dunia dari Asia yang percaya diri. Saya optimis meskipun ada tantangan; kantong desainer melakukan bagian mereka untuk menginspirasi dunia. Karya-karya yang ditampilkan di sini juga menunjukkan tren yang menggembirakan bahwa klien mulai merangkul gagasan tentang identitas Asia. Tapi lebih banyak yang bisa dilakukan.


Mungkin sudah waktunya untuk memulai persaudaraan desain grafis pan Asia. Saat ini asosiasi desain sudah berbasis bangsa, mungkin sudah saatnya badan Asia mempromosikan desain grafis. Publikasi seperti Asia Pasifik sangatlah penting karena membantu kita menemukan kekayaan ide yang ada di antara kita. Jika kita memilih untuk bekerja sama, lebih banyak yang bisa dicapai. Mungkin persaudaraan ini bisa menjadi kemitraan antara firma desain dan penerbit. Dengan cara ini kami memiliki saluran terjamin untuk mempromosikan desain yang baik. Kami juga harus memiliki indeks desain grafis pan-Asia untuk melacak kemajuan industri di seluruh benua. Jika kita ingin orang lain percaya pada pekerjaan kita maka kita harus mulai sekarang. Kita perlu mengubah pola pikir dan membantu membentuk Asia yang lebih percaya diri. Karena itulah pada akhirnya misi desainer, ini adalah sebuah profesi di mana pekerjaannya mampu mempengaruhi norma-norma kemasyarakatan. Dengan banyaknya desainer muda yang memasuki pasar, semoga mereka akan menemukan lebih banyak rekan kerja yang bangga dengan warisan Asia mereka dan 10 tahun dari sekarang, semoga visi desain grafis kami akan sesuai dengan ambisi ekonomi kami. Ini adalah awal yang baik dan sekarang terserah kita untuk melanjutkan inspirasinya.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar